Rabu, 01 Oktober 2014

Hari Pertama, DPR Sudah Ribut Soal Waktu Pemilihan Pimpinan DPR




Jakarta - Belum juga hari pertama DPR 2014-2019 berlalu, gedung wakil rakyat sudah gaduh oleh kepentingan penghuninya. Anggota DPR meributkan soal waktu pemilihan pimpinan DPR, sebagian ingin dilaksanakan hari ini, sementara yang lain ingin ditunda.

Waktu pemilihan pimpinan DPR diributkan oleh dua kubu. Kubu yang berisi Golkar, Gerindra, PKS, PAN, dan Partai Demokrat (PD) ingin pemilihan pimpinan DPR digelar hari ini. Kubu satunya, yang berisi PDIP, PKB, NasDem, Hanura, dan PPP, ingin waktu pemilihan pimpinan DPR ditunda.

Dua kubu ini saling adu argumen di rapat konsultasi DPR yang dipimpin pimpinan sementara DPR, politikus senior Golkar Popong Otje Djundjunan. Menurut perempuan yang akrab disapa Ceu Popong ini, dua kubu masih belum sepakat soal waktu pemilihan pimpinan DPR. Jika melihat jadwal yang disiapkan, maka harusnya pemilihan dilaksanakan hari ini.

Siapa bilang ditunda sampai besok. Cuma ditunda sampai nanti malam, pukul 19.00 WIB, nanti lanjut lagi," ujar Ketua DPR Sementara Popong Otje Djundjunan di Gedung DPR, Senayan, Jaksel, Rabu (1/10/2014).

Waktu pemilihan pimpinan DPR ini menjadi penting karena terkait lobi-lobi paket pimpinan DPR. Kubu yang ingin pembahasan ditunda, yaitu Koalisi pendukung Jokowi-JK, ingin ada waktu lebih untuk lobi-lobi.

Memang biar lobi lagi," kata Ketua DPP PKB Marwan Jafar di sela-sela rapat konsultasi pimpinan DPR sementara di Gedung DPR, Senayan, Rabu (1/10/2014).

Koalisi pendukung Jokowi-JK kini sedang mengusahakan untuk menggaet anggota Koalisi Merah Putih untuk melengkapi paket pimpinan DPR. Saat ini Koalisi pendukung Jokowi-JK hanya berisi 4 parpol, tak cukup untuk mengajukan paket pimpinan DPR yang mensyaratkan terdiri dari 5 fraksi.

Koalisi Merah Putih ingin pembahasan tak ditunda karena ingin menutup peluang lobi-lobi. Saat ini komposisi Koalisi Merah Putih sudah cukup untuk mengajukan paket pimpinan DPR.

Supported By:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar